Bayi Muntah Kuning? Jangan Panik Dulu!

Hai semua! Sebagai Ibu baru, saya masih suka panikan kalau anak saya menunjukkan sesuatu yang nggak biasa, ya nggak? pasti kalau kamu yang baru punya anak pun suka panikan sama seperti saya! Ya iyalah, kan yang saya urus ini makhluk hidup, bukan benda mati seperti kerjaan kantor, pasti kalau ada apa-apa paniknya minta ampun.

Waktu usia Alea sekitar 2 bulan, pernah tuh muntah sampai basah kuyup tapi warna muntahannya berwarna putih susu. Panik banget dan saya langsung nanya ke group Maryam yang saya ikuti, ternyata hal itu wajar asal muntahnya tidak berwarna. Oh, oke saya langsung tenang, akhirnya Alea pun hanya saya gantikan baju kemudian saya olesi minyak telon diperutnya. Muntah luber pun suka berulang sampai Alea usia 3 bulan, tapi nggak sering sih, masih dibawah 10x dalam rentang 1 bulan ini.

Tapi kemarin (20 Mei 2018) agak berbeda, Alea jam 20.30 kembali muntah banyak berwarna putih, entah karena terlalu kenyang atau gimana, dia langsung muntah sesaat setelah selesai nenen dengan saya, karena hal ini wajar dan dalam sepekan Alea tidak pernah muntah, ya saya nggak panik lagi, hanya saya ganti saja bajunya. Lalu jam 21.00 kembali muntah tapi tidak terlalu banyak dan agak berlendir, saya langsung berfikir bahwa mungkin Alea sedang berusaha mengeluarkan lendir pada tenggorokannya (iya, dari lahir Alea masih suka nafas “grok-grok” gitu dan kata dokter pun normal sampai usia 6 bulan bayi masih akan suka “grok-grok” ketika nafas). Baju pun kembali saya ganti.

Setelah itu, Alea pun kembali muntah sedikit tapi ada konsistensi warna kuning pada muntahannya, saya pun mencoba tenang dan berfikir oh mungkin ini reaksi dari apa yang saya makan atau itu bagian dari lendir tenggorokan. Akhirnya saya pun mencoba untuk menimang Alea dan kemudian Alea muntah berwarna kuning agak berlendir dan cukup banyak sampai harus ganti baju. Saya pun mulai cemas dan saat Alea saya gantikan baju, ia nangis minta nyusu, setelah ganti baju, saya kembali nenenin Alea.

Kemudian jam 22.00 selesai nyusu, kembali muntah banyak berwarna putih namun ada kuningnya, akhirnya saya pun memutuskan untuk membawanya ke RSIA 24 jam yang dekat dari rumah. Sambil nunggu Ayahnya menyiapkan mobil, anak kecil ini kembali muntah kuning agak kental, tapi tidak terlalu banyak dan sempat saya seka dengan handuk jadi nggak mengotori bajunya, kemudian sehabis muntah Alea tidur selama perjalanan dan bangun sesaat sebelum masuk ke ruang periksa

Sesampainya di ruang periksa, hanya ada dokter umum dan beliau pun memaparkan bahwa kondisi seperti ini normal terjadi pada bayi dibawah 6 bulan. Akan sering muntah dan kebetulan muntah kuning ini dihasilkan karena cairan susu terkena asam lambung, jadi menghasilkan warna kuning. Dokter pun berpesan, asal bayi masih dalam suhu tubuh normal dan masih mau nyusu, kondisi ini adalah normal! Kecuali jika suhu bayi tidak normal, muntah terus, lemas dan tidak mau nyusu sama sekali, ini adalah indikasi darurat dan harus dengan terpaksa pasang infuse.

Saya pun lega karena alhamdulillah kondisi Alea masih normal..

Ya, namanya juga Ibu baru yah, ada hal beda dikit sama kebiasaan anak ya paniknya luar biasa. Apalagi ketika kejadian muntah kuning, saya membaca artikel yang menyatakan bahwa muntah kuning adalah indikasi bahaya pada bayi dan bisa mengakibatkan kematian! Duh, abisa baca itu saya pun langsung nangis minta ke suami supaya sesegera mungkin bawa Alea ke RS. Iya, nangis! hahahaha ya wajar sih yah, namanya juga sayang anak :p

Jadi, saya berpesan untuk Ibu-ibu yang baru punya anak, jika anak kamu muntah kuning atau mengalami sesuatu diluar kebiasaan, jangan panik dulu yah asal suhu tubuh anak normal dan anak masih mau nyusu, kecuali kalau anak sudah dengan kondisi suhu nggak normal, nangis terus dan nggak mau nyusu, barulah kamu harus sesegera mungkin bawa anak ke RS, kalau bisa ke IGD supaya langsung dapat pelayanan dengan segera.

Sekian sharing dari saya, selamat menjalani ibadah puasa yah semua!

You may also like

39 Comments

  1. Makasih mba infonya, bayi saya juga sering muntah atau gumoh kalau kekenyangan. Kemarin waktu saya coba puasa muntahnya agak banyak dan beda dari biasanya. Jadi saat ga puasa dulu. Semoga bayi kita sehat terus ya mba.

  2. sama loh mbak anaku juga sering gitu sekarang baru 2 bulan kalo habis mutah malah bobok anteng kayak nyaman gitu perutnya… lemes enggak juga hehe

  3. Aku baru aja ngalamin, anakku muntah banyak pertama putih susu terus td putih susu campur ada kuningnya…tp dia gak panas, dan skrg mlh bobo nyenyak.
    Mksh sudah share pengalaman ini, aku tadinya panik tp setelah baca ini jadi lega…

    1. Hi mba, anaknya usia berapa?
      ya, awalnya aku juga panik, tapi menurut dokter kalau si bayi masih aktif & gak lemes, berarti dia fine-fine aja, kecuali kalau sudah lemes / gak mau nenen, baru deh butuh tindakan dari dokter

  4. 17 februari 2019. .
    Makasi mom infonya..ank sy usua 3bln Semalam ank sy jg mengalami hal yg sama..
    Dan pagi ini sehabis mandi ank sy sedkit muntah ada berwarna kuningnya. . Dan memang iya ada batuknya.. Alhamdulilah.. Kondisi suhu tubuh masih normal gak panas gak rewel dan masih kuat nenen sy..

    1. Hai moms,
      semoga lekas membaik yah, kalau kata dokter yang kemarin aku periksa, katanya selama bayi masih aktif menyusui & aktif geraknya, gausah di khawatirkan.
      kuning itu karena memang lambung bayi belum sempurna gitu

  5. Aku jg habis dari igd. Persis sama keadaannya..tapi bayiku 7 bulan ga panas dan masih aktif asinya..alhamdulilah sekarang bobok nyenyak

  6. Alhamdulillah mam, semoga bayiku juga sehat, tadi subuh habis nenen muntah warnanya kuning,banyak juga..
    Tapi dia masih aktif dan suhu tubuhnya juga alhamdulillah normal…

      1. Mba, kalo terjadi di anak usia 10 bulan apakah sama diagnosanya? Anakku juga abis berkali-kali muntah kuning dan dia lemas sekarang.. suhu badan masih normal.. belum bisa ke dokter jadi aku panik nih.

        Minum air putih dimuntahin lagi.. kayak nolak dimasukkin apapun perutnya..

        1. Hi mba, maaf baru balas
          kalau sampai lemas gitu, lebih baik ke RS ya mba.. karena kondisi anak kan beda2 juga 🙂

  7. Mksh mom atas infonya , sebelumnya kuperkenalkan namaku indri dan usia anakku 9bln anakku sedang kurang sehat krn sedang batuk dan pilek hari ini sudah 3x dia munta berwarna putih krn susu yg diminum ya keluar lagi tp muntah yg terakhir ini bercampur kuning .panik ya luar biasa dan ak coba untuk cari tw info2 tentang bayi munta kuning ternyata ada artikel yg menjelaskan bahwa bayi munta kuning itu bahaya dan bisa menyebabkan kematian saya sampai lemas dan panik hanya air mata dan doa yg bisa saya luapkan . sambil dia ak coba tuk buka artikel2 yg lain ternyata banyak yg mengalami hal yg sama seperti saya …dan yg lain biasa saja setelah membaca artikel ini . ak pun berusaha tuk tenang dan melepas kesedihan dan kecemasanku. Mksh ya mon artikelbya smoga anak2 kita slalu diberikan kesehatan . aamiin.

    1. Hai mba, maaf baru balas..
      iya mba, aku awalnya juga panik sampai nangis.
      akhirnya aku bawa ke ugd kan, setelah dijelaskan dokter, ternyata gpp katanya, selama anak masih mau nenen & nggak lemes.
      semangat ya mba, aamiin semoga sehat terus yah anak2 kita 🙂

  8. Wiih basrusan ngalamin…
    Bayiku 3minggu, muntah putih kayak gumoh banyak.. lalu diakhiri dg kuning tulang.. panik sampe teriak ke mbah nya…
    Di tenangin simbahnya katanya gpp.. tp baca2 artikel jd makin panik.
    Alhamdulilah, baca ini jd tenang..
    Anaknya masih kuat nyusu dan tenang..
    Emaknya baby emang lg agak masuk angin sih.. katanya temen2 gegara itu jd gampang muntah.. semoga saja bukan apa2…

  9. Alhamdullilah ya Allah
    Aku baru ngalamin sempet panic
    Liat postingan2 tentang bayi muntah kuning Dan alhamdullilah aku nemuin posting an ini enggak terlalu worry
    Dan sekarang lagi breastfeeding Dan bobok

  10. bund anaknya waktu itu dikasih obat ga? anakku kmrn sore stgh 5 sampe ba’da magrib persis kayak gitu juga muntah banyak dan berapa kali setiap yg masuk dimuntahkan dan ada lendir agak kuning sy mau bawa ke dokter tp dokternya tutup dan stlh magrib sudah ga muntah lagi, apa pagi ini perlu sy bawa ke dokter? suhu tubuh normal, masih mau nyusu dan sdh aktif juga skrg

    1. Hi mba, maaf baru bales..
      untuk obat nggak dapet sih, karena masih aktif nyusu & gak lemes, jadi belum urgent obat kata dokternya

  11. Bun, bayiku baru sja mutah berwarna kuning 2x, usia bayiku 2 bulan, tp suhu bdannya normal gak panas, setelah gumoh putih trus kuning, dia ini tidur,,
    Kwatir bgt soalnya mama baru,
    Gimna bun solusinya kwatir bgt soalnya

    1. Hi, patokannya selama anak gak lemes & masih mau nyusu, ibu jangan panik yah.. kalau panik, bisa bawa lgsg ke RS terdekat ya bu 🙂

  12. Maaf dok
    Anaku umur 3 minggu muntah kuning,suhu tubuh normal dan kalo abis muntah nyariin nenen langsung.apakah normal dok?

    1. Hi kak, maaf aku bukan dokter ya kak 😀
      kalau menurut dokter, jika anak nggak lemes & masih mau nyusu, aman.
      Tapi baiknya kalau muntah kuning lagi, coba bawa ke dokter yah, karena kondisi anak kan beda2 kak 🙂

  13. Terimakasih sudah memberi ilmu, tadinya sedikit panik pas liat ponakan yg kasusnya sama sepertu itu. Pas baca artikel ini Puji Tuhan agak tenang. Semoga sehat
    Terus bayinya 🙏

    1. Samaa, aku juga panik! hehehe
      selama gak lemes & masih aktif nyusu, masih aman kata dokter 😀
      tapi kalau muntah lagi, ya segera bawa ke dokter aja kak, karena kondisi anak kan beda2 yah 🙂

  14. Bund ankku bru 10 hri td pgi dia mntah kuning aku jdi panik bund cman 1 x agak bnyak tp bund gpp ga ya bun mnta doanya agar ankku sllu shat bund

  15. Ya Allah aku juga bru ngalamin mbaa, anakku sering muntah juga,trus bru tadi ada kluar putih cmpur kekuningan, aku panik smpe nangis2 tkut knapa2. Tpi dia gag panas,gag rewel dan msih kuat nenen. Mau tak bwa k dokter anak tpi pas baca postingan mba akhirnya gag jadi,trnyta bnyak jga yg ngalamin kyak gini. Alhamdulillah smoga sii bayi2 tetap sehat

  16. Anakku 2 bulan dan baru ngalamin tadi pagi muntah warna kuning.. Panik bgt, karena kemarin habis imunisasi, dan semalem demam efek dari imunisasi, dan tadi pagi muntah warna kuning itu.. Semoga gak kenapa2 ya bund..

    1. Hai mba, menurut dokter yang ku datangi, katanya kalau anak masih mau nyusu & gak terlihat lemas, insyaallah gapapa mba.
      harus di observasi juga, jika sudah nggak mau nyusu bisa bawa ke dokter 🙂

  17. Ya allah barusan banget saya ngalamin,anak saya tiba2 muntah warna kuning tp sedikit . Saya lgsg searching sempet baca katanya muntah kuning bahaya bisa sampai mematikan. Saya lgsg nangis tlp suami agar cepet pulang dan menghubungi dokter anak langganan saya. Tp alhamdulilah baca artikel mbak nya saya jd tenang , anak sya masih aktif biasa , suhu normal , setelah muntah lgsg nyari nenen malah. Makasih mbak

    1. iya, aku juga awalnya super panik.
      tapi setelah ku bawa ke dokter, beliau bilang kalau anak masih mau nyusu & gak lemes, insyaallah gapapa mba..
      semoga anakmu gapapa juga yah 🙂

  18. Semoga semua adek baby nya sehat, saya juga ngalami hal yg samae, mksh loh mbak nya sudah post ceritanya, soal nya nyari tau d goog yg ada panik

    1. iyaaa, aku juga pas hari H itu googling, terus panik karena komennya negatif semua, makanya aku tulis cerita ini supaya ibuk2 punya sudut pandang lain & gak panik 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *