Bayi Muntah Kuning? Jangan Panik Dulu!

Hai semua! Sebagai Ibu baru, saya masih suka panikan kalau anak saya menunjukkan sesuatu yang nggak biasa, ya nggak? pasti kalau kamu yang baru punya anak pun suka panikan sama seperti saya! Ya iyalah, kan yang saya urus ini makhluk hidup, bukan benda mati seperti kerjaan kantor, pasti kalau ada apa-apa paniknya minta ampun.

Waktu usia Alea sekitar 2 bulan, pernah tuh muntah sampai basah kuyup tapi warna muntahannya berwarna putih susu. Panik banget dan saya langsung nanya ke group Maryam yang saya ikuti, ternyata hal itu wajar asal muntahnya tidak berwarna. Oh, oke saya langsung tenang, akhirnya Alea pun hanya saya gantikan baju kemudian saya olesi minyak telon diperutnya. Muntah luber pun suka berulang sampai Alea usia 3 bulan, tapi nggak sering sih, masih dibawah 10x dalam rentang 1 bulan ini.

Tapi kemarin (20 Mei 2018) agak berbeda, Alea jam 20.30 kembali muntah banyak berwarna putih, entah karena terlalu kenyang atau gimana, dia langsung muntah sesaat setelah selesai nenen dengan saya, karena hal ini wajar dan dalam sepekan Alea tidak pernah muntah, ya saya nggak panik lagi, hanya saya ganti saja bajunya. Lalu jam 21.00 kembali muntah tapi tidak terlalu banyak dan agak berlendir, saya langsung berfikir bahwa mungkin Alea sedang berusaha mengeluarkan lendir pada tenggorokannya (iya, dari lahir Alea masih suka nafas “grok-grok” gitu dan kata dokter pun normal sampai usia 6 bulan bayi masih akan suka “grok-grok” ketika nafas). Baju pun kembali saya ganti.

Setelah itu, Alea pun kembali muntah sedikit tapi ada konsistensi warna kuning pada muntahannya, saya pun mencoba tenang dan berfikir oh mungkin ini reaksi dari apa yang saya makan atau itu bagian dari lendir tenggorokan. Akhirnya saya pun mencoba untuk menimang Alea dan kemudian Alea muntah berwarna kuning agak berlendir dan cukup banyak sampai harus ganti baju. Saya pun mulai cemas dan saat Alea saya gantikan baju, ia nangis minta nyusu, setelah ganti baju, saya kembali nenenin Alea.

Kemudian jam 22.00 selesai nyusu, kembali muntah banyak berwarna putih namun ada kuningnya, akhirnya saya pun memutuskan untuk membawanya ke RSIA 24 jam yang dekat dari rumah. Sambil nunggu Ayahnya menyiapkan mobil, anak kecil ini kembali muntah kuning agak kental, tapi tidak terlalu banyak dan sempat saya seka dengan handuk jadi nggak mengotori bajunya, kemudian sehabis muntah Alea tidur selama perjalanan dan bangun sesaat sebelum masuk ke ruang periksa

Sesampainya di ruang periksa, hanya ada dokter umum dan beliau pun memaparkan bahwa kondisi seperti ini normal terjadi pada bayi dibawah 6 bulan. Akan sering muntah dan kebetulan muntah kuning ini dihasilkan karena cairan susu terkena asam lambung, jadi menghasilkan warna kuning. Dokter pun berpesan, asal bayi masih dalam suhu tubuh normal dan masih mau nyusu, kondisi ini adalah normal! Kecuali jika suhu bayi tidak normal, muntah terus, lemas dan tidak mau nyusu sama sekali, ini adalah indikasi darurat dan harus dengan terpaksa pasang infuse.

Saya pun lega karena alhamdulillah kondisi Alea masih normal..

Ya, namanya juga Ibu baru yah, ada hal beda dikit sama kebiasaan anak ya paniknya luar biasa. Apalagi ketika kejadian muntah kuning, saya membaca artikel yang menyatakan bahwa muntah kuning adalah indikasi bahaya pada bayi dan bisa mengakibatkan kematian! Duh, abisa baca itu saya pun langsung nangis minta ke suami supaya sesegera mungkin bawa Alea ke RS. Iya, nangis! hahahaha ya wajar sih yah, namanya juga sayang anak :p

Jadi, saya berpesan untuk Ibu-ibu yang baru punya anak, jika anak kamu muntah kuning atau mengalami sesuatu diluar kebiasaan, jangan panik dulu yah asal suhu tubuh anak normal dan anak masih mau nyusu, kecuali kalau anak sudah dengan kondisi suhu nggak normal, nangis terus dan nggak mau nyusu, barulah kamu harus sesegera mungkin bawa anak ke RS, kalau bisa ke IGD supaya langsung dapat pelayanan dengan segera.

Sekian sharing dari saya, selamat menjalani ibadah puasa yah semua!

You may also like

5 Comments

  1. Makasih mba infonya, bayi saya juga sering muntah atau gumoh kalau kekenyangan. Kemarin waktu saya coba puasa muntahnya agak banyak dan beda dari biasanya. Jadi saat ga puasa dulu. Semoga bayi kita sehat terus ya mba.

  2. sama loh mbak anaku juga sering gitu sekarang baru 2 bulan kalo habis mutah malah bobok anteng kayak nyaman gitu perutnya… lemes enggak juga hehe

  3. Aku baru aja ngalamin, anakku muntah banyak pertama putih susu terus td putih susu campur ada kuningnya…tp dia gak panas, dan skrg mlh bobo nyenyak.
    Mksh sudah share pengalaman ini, aku tadinya panik tp setelah baca ini jadi lega…

    1. Hi mba, anaknya usia berapa?
      ya, awalnya aku juga panik, tapi menurut dokter kalau si bayi masih aktif & gak lemes, berarti dia fine-fine aja, kecuali kalau sudah lemes / gak mau nenen, baru deh butuh tindakan dari dokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *