Grow Happy : Anak Tumbuh Dengan Bahagia Itu Penting Banget!

Sebagai seorang perempuan yang saat ini sudah menjelma sebagai seorang Ibu, rasanya saya selalu punya kekhawatiran apakah saya bisa merawat si kecil dengan baik, apakah nutrisinya tercukupi? Apakah saya bisa membuatnya bahagia selalu? Dan lain-lainnya, yang pasti banyak Ibu baru, merasakan juga kekhawatiran yang saya rasakan ini. Ya nggak?

Makanya, saya seneng banget kalau dapat undangan untuk event seputar dunia parenting, kesehatan maupun tumbuh kembang anak. Karena, selain saya bisa upgrade diri, saya pun bisa bertemu banyak Ibu muda lainnya, yang bisa membuat saya semakin positif menjalani hari bersama si kecil. Kali ini, saya mau berterima kasih kepada Indonesian Hijab Blogger (IHB) dan Nestlè LACTOGROW yang sudah mengundang saya ke acara yang keren banget ilmunya!! Makasih!

Jujur, ternyata mengurus anak itu bener-bener nggak mudah yah?! Terus, kenapa di dunia ini nggak ada sekolah menjadi Ibu yah? Padahal, menjadi Ibu itu bener-bener nggak mudah loh! Dari mulai harus paham mengenai tumbuh kembang janin, cara melahirkan supaya nggak baby blues, sampai pada akhirnya harus memahami sekali seputar tumbuh kembang anak. Waw! Kalau ada sekolah menjadi Ibu yang professional, kayaknya saya mau daftar deh, supaya bisa lebih jago ngurus anak, hehehe

Bayangkan saja, saat anak saya memasuki masa MPASI, saya yang berfikir anak saya akan lahap makan seperti bayi-bayi di Instagram, eh ini si baby malah picky eater banget! Masyaallah, dari awal MPASI sampai hari ini, saya harus selalu memutar otak bagaimana anak mau makan. Alhamdulillah, setelah sempat konsultasi dengan DSA, saya agak lebih santai dalam menghadapi anak saat makan. Dan ternyata, sesi makan anak itu sangatlah penting, karena disini lah anak bisa benar-benar mendapatkan nutrisi yang bisa tubuhnya serap untuk pertumbuhannya.

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai nutrisi, di acara kemarin Dr.dr. Ray Basrowi Wagiu Basrowi, MKK sempat bertanya kepada kami semua, “Seperti apasih, anak yang bahagia?”, saya langsung menerka-nerka dengan jawaban, ya anak yang bahagia itu yang tertawa ria, yang suka main dengan anak-anak lainnya. Ternyata, jawaban dari dr.Ray, anak yang bahagia itu adalah yang sehat.

Nahloh, iya juga ya! Karena, anak nggak mungkin bisa lari-larian, ketawa lepas kalau dia nggak sehat. Dan jawaban ini langsung membuat saya berfikir dan berharap, semoga anak saya selalu diberikan kesehatan serta kebahagiaan selalu.

  1. Ray memaparkan bahwa, kesehatan anak penting sekali kita perhatikan pada 1000 hari kehidupan pertamanya, pada 1000 hari pertama ini, tubuh anak akan tumbuh menjadi 85%, maka dari itu anak harus benar-benar kita perhatikan tumbuh kembangnya, nah, menjaga kesehatan anak bisa dimulai dari menjaga nutrisinya supaya si kecil tetap sehat dan menjadi bahagia.

Makanya, jangan main-main memberikan asupan makanan pada anak, karena kalau ususnya sampai sakit, ngaruhnya ke otak loh, karena usus & otak ini mempunyai akar sel yang sama, jadi bisa saling mempengaruhi. Pantes aja, kalau kita nervous, pasti bisa bikin perut menjadi mules.

Lalu, bagaimana menjaga saluran cerna si kecil?

  • Jaga keseimbangan mikrobiota pada usus
  • Konsumsi variasi makanan dengan nutrisi lengkap dan mengandung probiotik

Nah, probiotik yang diberikan ke anak, harus yang sudah teruji secara klinis dan baik untuk pencernaan anak yah. Jadi, jangan sembarangan memberi nutrisi ke anak. Salah satu nutrisi yang baik untuk anak ya seperti Nestlè LACTOGROW yang merupakan susu pertumbuhan yang mengandung Lactobasillus reuteri yang baik untuk anak, kebetulan saya pun memberikan susu ini kepada anak saya.

Kemarin pun, saya menanyakan kepada dr. Ray bagaimana tips agar anak mau minum susu? Kemudian beliau pun menjelaskan mengenai susu pertumbuhan. Susu pertumbuhan adalah pelengkap atau tambahan nutrisi bagi anak, jika anak tidak mau minum, kemungkinan ia sudah kenyang dengan makanan. Better kenyang dengan makanan sehingga ia tidak mau susu, dari pada kita terlalu memaksa memberinya susu, nanti si kecil jadi tidak mau makan karena terlalu kenyang. Pemberian susu pertumbuhan sebaiknya sesuai kebutuhan si Kecil.

Lalu, bagaimana sih membesarkan anak agar bahagia?

Menurut Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, cara membesarkan anak agar bahagia itu ada banyak, diantaranya :

  1. Makan bergizi dan tepat waktu
  2. Waktu bermain / eksplorasi
  3. Ekspresi emosi positif
  4. Waktu tdur yang cukup
  5. Berikan cinta tanpa syarat
  6. Active listening

Untuk poin active listening ini, penting banget loh kita membiarkan si kecil bercerita dan tangkap emosinya setiap kali ia bercerita, karena supaya kelak ia dewasa, ya kita jadi tempat ceritanya anak-anak pertama kali.

Sangat menarik banget materi hari ini, saya jadi semangat lagi untuk mengasuh si kecil yang sekarang sudah sangat aktif! Semoga, sharing saya kali ini bermanfaat dan semoga anak-anak kita semua selalu diberikan kesehatan agar dirinya bisa bahagia selalu, aamiin.

Tambahan : WHO merekomendasikan pemberian ASI Ekslusif hingga bayi berusia 6 bulan dan lanjutkan selama mungkin. Susu pertumbuhan diformulasikan untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh anak diatas usia 1 tahun dan tidak diberikan untuk bayi. Baca label sebelum membeli.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *