Hidup Go Green? Think Green!

719e8d4115ee64c3edfb46ec2daa85af

 

Apa sih yang kalian bayangkan ketika mendengar kalimat “Think Green” yang sangat sederhana namun sarat sekali dengan makna! Sederhana memang, tapi pasti bagi banyak orang ini sulit untuk dijalankan di kehidupan sehari-hari, setuju? kalau gak setuju, coba aja lihat dijalan, masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan, banyak yang bilang “Think Green” itu ribet, sok menjaga bumi, dan lain-lain. Padahal, menurut saya ini tidak sulit.┬áKalau saya ditanya bagaimana saya memaknai kalimat sederhana ini, izinkan saya untuk menutup mata terlebih dahulu kemudian menghembuskan nafas lalu berucap : Simple!

Think Green In My Life

Kalau boleh dirunut, saya termasuk anak yang beruntung karena hidup dengan orang tua yang sangat sering berucap “Lampu kamar mandi sudah mati?” “Kalau turun, kipas angin matikan yah”, hehehe itu ucapan sehari-hari ibu saya yang sangat concern terhadap penggunaan listrik, dan menurut saya itu bagian dari gaya ibu untuk “Think Green”. Lalu, bagaimana dengan cara saya? Di kehidupan sehari-hari, cara saya dalam “Think Green” itu :

1. Saya selalu berfikir bagaimana hemat waktu

2. Selalu tidur dengan keadaan kamar yang gelap

3. Tidak melakukan charge HP saat tidur

4. Menggunakan air dengan bijak saat mandi, mencuci piring bahkan cuci tangan

5. Membawa bekal & tumblr everyday and everywhere (Gapapa dibilang kayak anak TK)

6. Selalu buang sampah jajanan ke dalam tas (Ini cara kalau lagi dijalan dan gak ada tempat sampah nih, jadi ya coba aja cek tas saya, pasti ada bungkus permen bahkan coklat! hehehe)

7. Dan yang paling penting, saya selalu berupaya untuk selalu berfikir bagaimana saya selalu efisien dan efekti dalam melakukan sesuatu! i think that is also part of the “Think Green” kok!

Bumi memang sudah tua dan rusak, cuaca semakin ekstrim dan tak menentu, udara semakin panas, kekeringan terjadi dimana-mana, dan sebagainya. Memang, untuk membuat Bumi menjadi lebih sehat itu tidak mudah, namun kita bisa mulai membuat Bumi menjadi lebih sehat, ya dimulai dari diri kita sendiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sepakat?

Dalam Al-Baqoroh ayat 27, Allah SWT menyebut bahwa orang yang membuat kerusakan di muka bumi adalah orang-orang yang rugi

2:27. (yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allah sesudah perjanjian itu teguh, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah (kepada mereka) untuk menghubungkannya dan membuat kerusakan di muka bumi. Mereka itulah orang-orang yang rugi.

Nah, kalau sudah ada kalimat seperti itu, sepertinya gak ada alasan untuk kita tidak bersikap “Think Green” deh yah? Coba mulai dari sesimple mungkin dengan gaya kamu masing-masing, kalau gak mulai dari sekarang, kapan lagi?

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *