Kehamilan : Bidan Atau Dokter Kandungan?

Setiap perempuan yang baru merasakan kehamilan pasti cukup bingung untuk menentukan kemana harus memeriksakan kehamilannya, awalnya saya pun bingung menentukan mana yang harus saya datangi, bidan atau dokter kandungan? lalu bagaimana memilih bidan atau dokter kandungan yang tepat? karena banyak sekali pastinya pilihan yang ada saat ini.

Saat saya mengetahui bahwa saya positif hamil, saya langsung berselancar untuk mencari tau rumah sakit, dokter kandungan serta bidan mana yang memiliki review yang baik di dunia maya, tentunya saya spesifik hanya mencari tau siapa yang oke di wilayah bekasi ini. Akhirnya saat awal memeriksakan kehamilan saya jatuhkan kepercayaan saya ke Dr. Lina Meilina Pudjiastuti,Sp.OG yang praktek di RS. Mitra Keluarga Bekasi Barat

Baca juga : Begini Rasanya Hamil Muda

Saya cukup suka dengan pelayanan Rumah Sakit maupun Dokternya, ramah dan nyaman. Namun, karena ternyata Dr. Lina Meilina Pudjiastuti,Sp.OG ini cukup favorite di kota Bekasi, ya saya harus rela mengantri selama 7,5 Jam agar bisa dilayani oleh beliau. Mungkin karena saya juga saat itu sedang berpuasa dan mager untuk pulang setelah melakukan daftar ulang, jadi ya saya memilih untuk menunggu. Saya melakukan cek kehamilan di Rumah Sakit ini sudah 2x dengan dokter yang sama serta waktu tunggu yang kurang lebih sama.

Bulan selanjutnya, saya melakukan cek kehamilan ke Bidan Endang Sugianti, AM.Keb yang berlokasi di perumahan Pondok Cipta (belakang kantor polisi). Saya cukup penasaran bagaimana pelayanan jika saya ke bidan, ternyata tempat prakteknya cukup nyaman, ada ibu Bidan yang siap siaga, ruang periksa, ruang bersalin jika ada yang ingin melahirkan, serta ada juga cek USG dengan dokter kandungan yang hanya ada pada hari Senin malam. Saya pun merasa cukup dengan pelayanan di Bidan Endang Sugianti, AM.Keb ini.

Biaya Cek Kehamilan :

RS. Mitra Keluarga Bekasi Barat

Saat saya melakukan cek kehamilan di Rumah Sakit ini, biaya yang saya keluarkan sebesar :

  • Biaya Pendaftaran : Rp. 235.000
  • Biaya Konsultasi, USG & Buku kehamilan : Rp. 278.000
  • Biaya Vitamin : Rp. 75.000
  • Total : Rp. 588.000

Bidan 

Saya melakukan 2x kunjungan ke Bidan Endang Sugianti,AM.Keb untuk melakukan kontrol kehamilan serta kunjungan yang ke-2 untuk melakukan USG dengan dokter kandungan, biaya yang saya keluarkan sebesar :

Kunjungan pertama

  • Biaya konsultasi (Non USG) : Rp. 50.000 (sudah termasuk 2 strip vitamin)

Kunjungan kedua 

  • Biaya USG bersama dokter kandungan : Rp. 170.000 (Sudah termasuk 3 jenis vitamin)

Jika kamu melakukan USG dengan dokter kandungan, kamu sudah bisa sekalian bertanya-tanya, hanya saya hasil USG tidak bisa di print, di karenakan dokter yang berkunjung atau melakukan praktek USG di Bidan, menggunakan alat USG portable yang tidak bisa mencetak hasil USG kita.

Jadi, jika kamu ingin cek kehamilan, kamu bisa sesuaikan dengan budget yang ada! Mau Dokter Kandungan maupun Bidan, sama baiknya yah. Hanya saja untuk melakukan cek kehamilan ke Bidan, ada baiknya kamu survey dahulu apakah Bidan tersebut layak untuk menjadi tempat kamu lahiran & apakah di Bidan tersebut bisa melakukan USG oleh dokter, pluusss apakah Bidan tersebut menjadi favorite di wilayah kamu? kalau semua sudah terjawab, kamu gak perlu sungkan untuk melakukan cek kehamilan di Bidan!

Kalau saya suka dengan pelayanan Bidan Endang maupun Rumah Sakit, saya memilih 2 tempat ini untuk menjadi alternatif saya untuk cek kehamilan, karena kalau saya lagi pengen ngeprint hasil USG ya saya lebih memilih cek kehamilan di Rumah Sakit, kalau hanya ingin cek saja ya saya cukup pergi ke Bidan.

Nah, sekian cerita saya kali ini, semoga bermanfaat.

Jangan lupa follow instagram saya di : @yoraanastasha yah 🙂

 

You may also like

2 Comments

    1. Untuk biaya RS sepertinya beda-beda yah, tergantung dari kelas RS & kebutuhannya sih..
      iya sesekali ke bidan gak masalah, karena biar punya banyak referensi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *