Membuat Dan Menggunakan Kartu Bekasi Sehat

“Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” Ada yang tau itu penggalan kalimat apa? Ya, itu penggalan kalimat yang tertera pada Pancasila kita, yang ada pada ayat ke-5 yah! Sepertinya, kalimat tersebut sedang diamalkan oleh pemerintah kota Bekasi dengan memberikan keadilan pelayanan kesehatan bagi seluruh rakyat planet Bekasi, dengan cara membuat program Kartu Bekasi Sehat, dimana kartu ini bisa warga Bekasi gunakan tanpa harus membayar premi atau iuran dan tanpa menggunakan rujukan jika ingin menggunakan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit.

Kartu Bekasi Sehat

Awalnya saya mengetahui program ini dari ayah saya yang kebetulan ketua RT, beliau menjelaskan ke warga mengenai program ini, namun belum banyak warga yang paham, tapi akhirnya keluarga saya membuatnya, walaupun saat itu juga kami belum paham apakah fungsi kartu ini? sampai bagaimana cara menggunakannya? kami hanya berpikir yaudah bikin aja dulu, nanti juga akan paham. Akhirnya saya dan ibu pun membuatnya. Oia, Kartu Bekasi Sehat ini untuk seluruh warga Kota Bekasi tanpa terkecuali yah! Jadi, mau kamu dari golongan tidak mampu, maupun mampu, semua bisa bikin asal berkas sesuai dan program ini tidak perlu membayar premi atau iuran perbulan maupun pungutan biaya apapun, jadi FREE.

Cara Membuat Kartu Bekasi Sehat

Sebenarnya untuk membuat kartu ini, ada kolektif yang digagas oleh bapak RW kompleks saya, namun karena Ibu saya ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai program ini, kami pun berinisiatif untuk membuatnya sendiri di pendopo kantor walikota bekasi (Kantornya yang disebrang GOR Bekasi yah)

Caranya : 

  1. Siapkan fotocopy KTP & Kartu Keluarga (KK) : Hanya untuk yang KTP & KK nya domisili Kota Bekasi yah, untuk yang domisili Kabupaten tidak bisa membuat, karena ini program khusus pemerintah Kota Bekasi
  2. Datang ke pendopo kantor walikota
  3. Antre & serahkan berkas kepada petugas
  4. Minta tanda terima & tanya kepada petugas kapan kira-kira kartu akan jadi
  5. Pembuatan Kartu Bekasi Sehat berdasarkan KK, jadi 1 KK hanya akan mendapatkan 1 kartu yang pada bagian belakangnya ada nama anggota keluarga dalam KK. Jadi, jangan harap setiap anggota keluarga akan memiliki kartu masing-masing yah.

Saat saya dan Ibu datang untuk membuat kartu tersebut, kami pun bertanya kepada petugas dimana saja kartu ini bisa kami gunakan dan caranya seperti apa?

List RS Yang Bekerjasama

Saat setelah kami menyerahkan berkas, petugaspun memberikan tanda terima serta brosur daftar RS mana saja yang bekerjasama dengan Kartu Bekasi Sehat ini, menurut saya list nya cukup banyak sih, karena nggak hanya RS yang ada di Kota Bekasi saja, bahkan kita bisa menikmati layanan kesehatan di RS luar kota. Awalnya saya skeptis sih dengan program ini, berasa nggak percaya gitu, karena Kartu Bekasi Sehat bisa digunakan secara cuma-cuma tanpa rujukan! Gokil kan? tapi ya sebagai warga yang baik, saya berfikir positif aja semoga memang bener program ini bisa berjalan dengan baik, aamiin

Ada pengalaman yang bikin saya bete saat membuat kartu ini, karena sistem pembuatan kartunya masih manual dan petugas PHP karena mereka menjanjikan kartu jadi tanggal sekian, ketika saya kesana malah belum jadi dan saya malah dioper-oper, saya sempet tuh ngomel-ngomel di twitter saking sebelnya terus jadi pasrah aja dan berharap bahwa program ini nggak hanya wacara saja. Tapi, kebetean saya terbayar karena 2 pekan kemudian kartu jadi dan malah ada beberapa KK yang kartunya diantar oleh Ibu Lurah! Yaudah bete-nya jadi hilang, karena saya anggap petugas punya empati dan perhatian khusus ke warganya. Akhirnya, karena Kartu Bekasi Sehat saya sudah jadi, saya pun jadi kepo untuk mencobanya! hehehehehe

Cara Menggunakan Kartu Bekasi Sehat

  1. Pilih RS serta Poli yang akan kamu inginkan
  2. Bawa berkas berupa Fotocopy KTP,KK dan Kartu Bekasi Sehat (bolak-balik)
  3. Serahkan kepada petugas pendaftaran
  4. Ikuti alurnya dan nikmati pelayanannya
  5. Tidak dipungut biaya apapun

Karena kebetulan saya lagi butuh untuk kontrol mata sebagai salah satu step pemeriksaan sebelum melahirkan, saya pun menghubungi RS.Mitra Keluarga Bekasi Barat apakah bisa kontrol mata disana menggunakan Kartu Bekasi Sehat? Ternyata bisa! Akhirnya saya pun daftar, saat hari H saya langsung menuju ke loket pendaftaran dengan status pasien asuransi dan menyerahkan berkas diatas. Setelah itu petugas meminta saya untuk mengisi form rawat jalan pasien asuransi. Ya, asuransi ini dijamin oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi, jadi kalau kita diminta untuk mengisi kolom perusahaan, maka kita harus isi dengan : Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

Setelah proses pendaftaran selesai, saya langsung menuju poli mata dengan membawa form tersebut, karena form harus diisi oleh dokter. Setelah menunggu beberapa saat, saya pun masuk ke ruang pelayanan dan dilayani dengan sangat baik, setelah itu menuju ke kasir dan bagian farmasi untuk mengambil obat. Agak aneh sih rasanya, karena saya baru kali ini berobat ke RS Mitra Keluarga Bekasi Barat tidak mengeluarkan uang sama sekali, karena biasanya kan saya pasien pribadi yah dan sekali berobat aja minimal keluar uang Rp.500.000, tapi kemarin saya nggak sama sekali bayar sepeserpun!

Oia, kalau kamu mau berobat di salah satu RS pilihanmu, saya sarankan untuk telpon dulu dan menanyakan apakan poli atau kasus penyakit kamu bisa ditanggung oleh Kartu Bekasi Sehat? karena saat saya hub RS Mitra Keluarga Bekasi Barat dan RS Ananda Bekasi, keduanya memiliki list poli tertanggung yang berbeda-beda. Jadi, dari pada bolak-balik, better kamu survey dulu dengan menghubungi RS yang kamu inginkan yah.

Nah, itu dia pengalaman saya dalam membuat dan menggunakan Kartu Bekasi Sehat. Tulisan ini saya buat murni untuk sharing, karena masih banyak warga Kota Bekasi yang belum mengetahui program ini, bukan bertujuan untuk ikut mengkampanyekan pihak tertentu yah, hehehehe. Saya sih berharap semoga program ini terus berkembang dan lebih baik, supaya kesehatan warga Kota Bekasi bisa selalu terjamin. Aamiin. Semoga tulisan ini bermanfaat yah!

You may also like

4 Comments

  1. Makasih sharingnya mba yora,baru denger juga masalah KBS.
    Baru coba mau bikin karena ternyata untuk ibu melahirkan juga bisa.
    Oh ya mba kalo boleh tau untuk apa ya cek up mata selama hamil?
    Soalnya saya juga lagi hamil 34 minggu dan ditunggu sharingnya melahirkan dengan menggunakan kartu KBS nya juga mba.

    1. Hi, Mba makasih juga sudah baca postingan aku yah
      untuk kasus melahirkan,KBS hanya bisa digunakan untuk persalinan dengan penyulit dan harus menjalani SC mba, tidak bisa digunakan untuk normal
      terus beberapa RS, seprti RS Ananda tempat aku kontrol bulanan, jika pasien punya BPJS, maka yang akan RS gunakan adalah BPJS si pasien, bukan KBS.
      di RS Ananda kalau untuk kontrol rutin bisa mba, jadi kalau mba mau kontrol rutin menggunakan KBS bisa ke RS Ananda, bahkan aku sudah 9 bulan (kontrol setiap pekan) juga bisa pakai KBS. Tapi, kalau RS Ananda kejauhan buat mba, bisa coba hubungi RS terdekat aja mba disana KBS bisa digunakan untuk apa aja, karena aku pun juga hub beberapa RS gitu buat nanya seputar KBS 😀

    1. Hi, Mba
      untuk penggunaan KBS di RS Mitra Barat bisa digunakan untuk banyak poli kecuali poli gigi & kulit mba.
      untuk lebih lengkapnya, mba bisa hub RS sebelum melakukan pemeriksaan yah, supaya bisa lebih tau apakah kasus mba bisa diselesaikan oleh RS tsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *