Mengetahui Bakat Melalui Tes Genetik STIFIn!

Sepertinya untuk urusan mengetahui apa bakat yang ada di diri kita tuh, hampir semua orang kepengen tau, ya nggak?  minimal tau apa yang kita sukai aja, sudah senang yah, apalagi sampai bisa tau apa bakat kita dan bagaimana cara mengembangkannya, sesuatu yang menurut saya previllage banget! Kenapa? karena, saya itu baru tau apa yang saya sukai & apa bakat saya setelah saya sudah lulus kuliah! Telat? nggak juga, karena memang saya baru punya kesempatan untuk tau apa bakat saya saat itu. Nah, karena saya sudah tau makanya saya akan ceritain ke kalian, bagaimana sih saya bisa mengetahui apa bakat saya dan bagaimana metode mencari taunya? simak yah!

Sekitar tahun 2015 saya mendapat kesempatan untuk melakukan tes bakat menggunakan metode STIFIn, saat itu saya antara percaya nggak percaya , tapi ternyata hasil yang keluar tuh cukup akurat loh! Sebelumnya, akan saya jelaskan apa itu STIFIn yah

Apa Itu STIFIn?

STIFIn adalah suatu konsep ilmu yang memetakan manusia berdasarkan system operasi otaknya. Dari berbagai  teori yang ada, STIFIn membaginya menjadi lima bagian. Yang pertama sensing, thinking, intuiting, feeling, dan  insting. Dalam konsep STIFIn kelima hal itu tergolong mesin kecerdasan. Disini kita bisa melihat bahwa ternyata  STIFIn merupakan singkatan dari kelima mesin keceradasan tersebut.

Strata Genetik

Strata genetik adalah tingkatan factor genetik yang ada pada diri manusia. Jika diurut dari strata tertinggi,  maka tingkatannya sebagai berikut :

  1. Gender (pria dan wanita)
  2. Mesin kecerdasan (sensing,thinking,intuiting,feeling,insting
  3. Drive (introvert,extrovert)
  4. Kapasitas otak (kaitannya dengan IQ)
  5. Golongan darah (A,O,AB,B)

Dengan memahami tingkatan strata genetik diatas, maka program pembinaan diri akan lebih optimal jika  dilakukan di strata yang lebih tinggi, maka semakin terasa dampaknya. Misalnya dalam hal diet teori golongan  darah telah mengeluarkan tips diet sesuai golongan darah. Namun jika diet dilakukan di level mesin kecerdasan  dan gender, amak diet di strata genetik yang lebih tinggi dan akan lebih berhasil.

Kekuatan konsep STIFIn

  • Simple
  • Akurat
  • Aplikatif

Kenapa STIFIn simple ?? STIFIn hanya mengelompokkan dalam 5 mesin kecerdasan dan 9 personality genetik.  Konsep STIFIn bersifat multy angle theory, artinya STIFIn dapat dipakai untuk menjelaskan teori kecerdasan dan  personality dari disiplin ilmu yang lain.

Konsep STIFIn juga digunakan untuk praktik penggemblengan diri dengan prinsip FOKUS-SATU-HEBAT. STIFIn lebih mampu menjelaskan realitas otak dalam keseharian, itulah mengapa STIFIn menganut  kecerdasan tunggal. Setiap orang memang memiliki seluruh otak, namun hanya ada satu yang memimpin.

Kok bisa akurat ? STIFIn menguraikan cara kerja otak berdasarkan system operasinya, bukan kapasitas  hardwarenya. STIFIn menggunakan system operasi yang berbicara tentang jenis watak kecerdasan. Tiap jenis  kecerdasan punya wataknya masing-masing.

Jenis watak kecerdasan itulah yang kemudia disebut sebagai mesin kecerdasan. STIFIn memetakan otak BUKAN  berdasarkan BESAR VOLUME BELAHAN OTAK, melainkan berdasarkan BELAHAN OTAK YANG KERAP  DIGUNAKAN. Itulah yang disebut SISTEM OPERASI.

STIFIn aplikatif loh !! seperti yang tadi sudah dijelaskan pertama bahwa STIFIn yang bercirikan multy angle field,  artinya STIFIn dapat dipakai untuk menjelaskan bidang apa saja. STIFIn dapat diaplikasikan pada bidang  parenting, learning, profession, couple, politic, human resources dll.

STIFIn Intellegent

  • Sensing
    “Kecerdasan Inderawi”
    praktis, konkret, sesuai jangkauan panca indra
  •  Thinking
    “Kecerdasan Berpikir“
    mengandalkan pikiran logis, obyektif, & efektif
  • Intuition
    “Kecerdasan Indra Keenam”
    berpikiran jangka panjang, optimistis, terkonsep
  • Feeling
    “Kecerdasan Perasaan”
    andalkan perasaan, mengutamakan rasa
  • Instinct
    “Kecerdasan Indra Ketujuh”
    spontan, pragmatis, rela berkorban

Cara Melakukan Tes STIFIn

  1. Kalian bisa lakukan dimana saja, mau datang ke promotor STIFIn atau meminta promotor untuk datang ke rumah kalian. Bisa hub Galih selaku promotor STIFIn : 083898976828
  2. Setelah bertemu dengan promotor, mereka akan menjelaskan apa itu STIFIn & cara kerjanya
  3. Kalian akan diminta untuk scan ke-10 sidik jari kalian dengan alat STIFIn
  4. Setelah itu hasil akan keluar & promotor akan menjelaskan secara detail
  5. Jika diperlukan, promotor akan mengarahkan kamu sesuai hasil yang keluar setelah tes
  6. Setelah tes, kalian akan mendapatkan piagam (semacam sertifikat hasil tes)
Contoh Hasil Tes STIFIn, setiap orang akan berbeda

Menurut saya, dengan kita melakukan tes STIFIn ini, kita jadi tau apa yang menjadi keunggulan kita dan bagaimana cara mengembangkannya, apalagi dengan adanya promotor yang mumpuni, pastinya kita bisa diskusi & meminta arahan yang tepat kepada mereka, supaya kita bisa lebih berkembang lagi. Hal yang saya sayangkan, kenapa yah saya baru tau tes ini saat setelah lulus kuliah? coba dari jaman SMA, mungkin saya nggak akan merasa “Salah jurusan” hahaha

Makanya, karena saya nggak mau adik saya telat tau apa bakat dia, akhirnya saya hadiahkan adik saya tes STIFIn ini menjelang dia Ujian Nasional & tes Perguruan Tinggi, supaya paham mana saja yang menjadi kelebihan dirinya dan bagaimana cara mengembangkan dalam bidang pendidikan.

Jadi, kalau kalian tertarik untuk tes STIFIn ini, kalian bisa hub Galih di : 083898976828 yah 🙂

You may also like

38 Comments

  1. Wah,menarik sekali nih, Mbak…apalagi kalau simpel dan pastinya akurat, sudah pasti nggak diragukan lagi kalau pakai STIFIn, yaa…Kalau sudah tahu jadi bisa dikembangkan dengan maksimal yaa..

  2. Wah menarik, saya baru aja sidang akhir, sekarang ini lagi sibuk mempelajari diri saya sendiri. Sepertinya tes stiffin ini bisa jadi salah satu alternatif alat untuk mengenali diri saya. Terimakasih mba.

  3. Sebagian orang merasa ‘salah jurusan’ termasuk saya Mba, hehe. Andai dulu mengenal diri sendiri dengan lebih baik, apalagi dengan adanya tools seperti tes STIFin ini ya..
    Tapi ga apa2, bagi yang sudah punya anak seperti saya, ngga ada ruginya belajar seperti ini, untuk mendampingi anak menemukan potensi dengan lebih baik.
    Terima kasih sharingnya ya mba

    1. betul, setidaknya jadi punya bayangan apa saja yang cocok untuk anak, jadi mereka bisa berkembang sesuai bakat, bukan sesuai apa yang kita inginkan 😀

    1. hanya yang dominan saja mba, trs nanti bisa konsul ke promotornya, bagaimana mengembangkan sesuai hasil bakatnya mba

    1. kalau anak, minimal usia 3 tahun sih baru bisa tes, karena nunggu sidik jarinya terbentuk ddengan sempurna dulu katanya 😀

  4. Di sekolah anakku yang bungsu, pernah diadakan tes genetik stifin ini,
    Dari hasil test itu, ku pasrah anakku lebih senang seni (nyanyi, nari dan gambar) dibanding belajar formal 🙂

    1. harus tetap di dukung mba, biar anak berkembang dengan naluri bakatnya.hehehe
      aku juga nggak suka belajar formal, pantes dulu nilai aku jelek semua. wkwkwkwk

  5. Teman saya juga ada nih Mbak yg promotor tes STIFIn ini pingin sih buat mengetahui bakat anak melalui tes genetik seperti ini. Tp menyesuaikan waktunya juga nih belum ketemu2. Nice info ya Mbak

    1. cuss lah tanya2 ke temanmu, kali aja cocok waktunya jadi bisa tau bakat dengan tes. macama mba, smoga bermanfaat yah 😀

  6. Aku sering baca ini tentang StiFin. Sayangnya anak-anakku udah dewasa semua. Kayaknya udah terlambat ini tes-tesan. InsyaAllah mereka berkarya sesuai bakat dan minat aja deh. Aku cuma bisa berdoa…

  7. Kalau melihat hasil dari tesnya jadi ketahuan bakat aslinya itu apa. Waktu di acara blogger ada dengan tes stifin cuma waktu itu belum sempat ikutan, jadi sedih

    1. Harus ikutan, karena penting sih! hahaha
      aku aja jadi tau bakat aku dimana, terus bisa konsul deh sama konsultannya 😀

  8. Yang begini nih yang kepengen saya cobakan ke anak pertama dan kedua. Biar mereka tahu kelebihan mereka. Jadinya bias dikembangkan secara optimal. Mahal gak sih bayarnya?

    1. Iya penting banget, supaya kita tau bakat anak yah..
      untuk harga kisaran 500 ribuan mba, bisa langsung hub mas Galih ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *