Layanan Perpanjang SIM & SKCK Kota Bekasi Buka 24 Jam

Mungkin untuk sebagian orang, ngurus berkas atau surat-surat kenegaraan (Akte, Kartu Keluarga, KTP, SIM, SKCK, dll) itu bikin males karena buat yang bekerja harus ambil izin telat masuk atau bahkan ambil cuti karena ngurusin urusan seperti ini tuh menguras waktu, ya nggak? ya setidaknya kita tuh harus rela antre demi bisa dapat pelayanan dan berkas kita jadi, sempet sih saya ngurus KK, BPJS sendirian dan itu bikin bete karena harus antre lama, belum lagi yah dulu tuh saya paling males kalau perpanjang SIM karena suka kelewat aja gitu jadwal SIM keliling, terus kalau harus dateng ke Polres ya harus izin kerja karena pasti ngantre.

Tapi, sekarang saya merasa bersyukur karena saat ini Kota Bekasi membuat layanan pengurusan berkas kenegaraan di satu tempat yang sama, yaitu di Lotte dekat proyek Bekasi, karena disana kita bisa mengurus beberapa berkas di satu tempat yang sama, jadi nggak perlu mondar-mandir kalau mau urus berkas secara bersamaan, dan yang bikin saya lebih senang lagi, sekarang di Kota Bekasi ada layanan perpanjang SIM & Pembuatan SKCK 24 Jam loh!

Awalnya suami saya mengingatkan supaya saya perpanjang SIM C karena sebentar lagi akan habis waktunya, tapi saya ntar-sok-ntar-sok terus karena agak repot harus ninggalin anak, terus mager karena harus panas-panasan ngurusnya, secara Bekasi kan gersang banget yah kalau siang! hahaha Akhirnya, suami saya pun mencoba googling supaya tau jadwal SIM keliling, tapi malah menemukan info bahwa layanan perpanjang SIM di Kota Bekasi itu 24 Jam!

Malam itu juga sekitar jam 21.00 WIB saya dan suami pun langsung siapin berkas berupa fotokopi KTP & SIM lama, kami pun segera menuju Polres Kota Bekasi, sampai sana kami pun langsung nggak percaya kalau ternyata serius loh Polres buka dan ramai! Akhirnya, kami pun menuju ruang pemeriksaan dokter setelah itu lanjut ke gedung perpanjang SIM yang berada di belakang Polres. Oia, untuk layanan 24 Jam ini, Polres Kota Bekasi hanya membuka layanan perpanjang SIM & pembuatan SKCK saja yah.

Berkas Yang Harus Dibawa Untuk Perpanjang SIM

Untuk berkas sepertinya standart sih, kamu cukup bawa :

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi SIM lama yang ingin di perpanjang
  • Uang tunai

Alur Perpanjang SIM 24 Jam Kota Bekasi

  1. Pastikan kamu harus perpanjang SIM max 7 hari sebelum masa berlaku habis
  2. Jika ingin perpanjang SIM di pagi hari, kamu harus datang jam 08.00 – 16.00 WIB di Lotte Proyek Bekasi
  3. Jika ingin perpanjang SIM di malam hari, kamu bisa datang ke Polres Kota Bekasi (dekat RSUD Kota Bekasi) pada jam 18.00 – 07.00 WIB
  4. Layanan 24 Jam (malam hari) hanya berlaku untuk perpanjang SIM & Pembuatan SKCK, jika ingin membuat SIM baru harus pagi hari di Polres Kota Bekasi
  5. Setelah sampai di Polres, kamu harus ke ruang dokter untuk pemeriksaan kesehatan (bayar ditempat)
  6. Lanjut ke gedung perpanjang SIM di belakang Polres
  7. Isi berkas (semua fotokopian & SIM Asli dilampirkan pada berkas)
  8. Bayar biaya perpanjang SIM pada loket yang disediakan (cash)
  9. Setelah itu kasih berkas ke petugas & tunggu sampai nama kamu dipanggil petugas untuk masuk ke area antre foto SIM
  10. Setelah nama kamu dipanggil, silakan masuk ke area antre foto & tunggu saja
  11. Masuk ke ruang foto & sidik jari, pastikan jangan lupa pakai gincu & alis, soalnya karena saya buru-buru jadi lupa deh pake gincu & alis. LOL
  12. Setelah foto & sidik jadi, tunggu diruang depan loket pengambilan SIM
  13. Ambil SIM, Jadi deh!

Waktu saya perpanjang SIM, mungkin karena malam yah jadi nggak sama sekali penuh, ya palingan antre 4-5 orang aja, pokoknya dari saya parkir kendaraan sampai SIM saya jadi, hanya butuh waktu sekitar 40 menit saja, saya pun senang!

Biaya Yang Dikeluarkan Untuk Perpanjang SIM 

  • Kesehatan 25,000
  • PNBP (penerimaan negara bukan pajak) 75,000
  • Asuransi 30,000
    Total 130,000

Menurut saya, layanan 24 jam ini sangat bagus banget karena jadi bisa mempermudah warga Kota Bekasi dalam mengurus SIM, saya sih berharap selanjutnya pemerintah Kota Bekasi bisa memperbanyak layanan pengurusan berkas yang lain juga secara 24 jam, karena lumayan banget kan dari pada malem-malem bengong, better urus berkas, nggak pakai ngantre dan nggak pakai cuti atau izin kantor, ya setidaknya nggak perlu kena panasnya Bekasi deh,hehehe

You may also like

4 Comments

  1. Assalammualaikum,

    klo masa berlaku habis 14 okt 2018, apa msh bs perpanjang sim mlm hari di polres bekasi (krn sdh tinggal 3 hari lg) ?

  2. nice info ibuk!

    question: sewktu ibu dateng, pengunjung lagi ramai. raai nganri SIM atau SKCK kah?
    apaah antriannya di pisah antara SIM dan SKCK?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *