Nyobain BPJS : Lepas Behel Dan Scalling Gigi

Hi, semua! Kalian tau kan kalau sekarang ini pemerintah mewajibkan seluruh masyarakat untuk memiliki asuransi BPJS sebagai kewajiban agar semua warga negara dapat menikmati layanan kesehatan murah atau bahkan gratis. Kamu sudah ikut layanan BPJS belum? kalau saya dan keluarga, sudah! Ya, setidaknya ini bukti bahwa kami patuh aturan pemerintah πŸ˜€ :p

Lebih dari satu tahun saya dan keluarga memiliki BPJS tapi belum ada yang pernah menikmati layanan ini, makanya saya cukup kepo, sebenarnya bagaimana sih cara menggunakan kartu BPJS untuk menikmati layanan kesehatan? Akhirnya saya pun mencoba untuk menikmati layanan scalling di faskes yang tertera di kartu BPJS saya.

Sebenarnya, saya memang sudah punya rencana untuk melepas behel, setelah saya bertanya kepada (calon) kakak ipar saya yang kebetulan dokter gigi dan praktek di faskes yang saya dapat, ternyata setelah melakukan pencopotan, saya harus di scalling untuk menghilangkan lem pada gigi saya ini, dan doi juga memberi info kalau di faskes tersebut bisa menerima scalling gigi untuk pasien BPJS, ahay! Saya pun langsung janjian sama doi untuk membereskan gigi saya ini dan tentunya sambil saya mencoba menggunakan BPJS! Harus dipakai dong, kan saya sudah melakukan kewajiban membayar setiap bulannya, sayang kalau ndak dipake πŸ˜€

Step kalau kamu ingin mencoba menggunakan BPJS :

  1. Kamu harus punya kartu BPJS
  2. Lihat pada kartu, faskes kamu dilayanin dimana? biasanya dekat dengan domisili rumah mu
  3. Datang ke faskes
  4. Bawa kartu BPJS asli + 1 lembar foto kopi kartu BPJS
  5. Β Daftar
  6. Selamat menunggu & menikmati
meja pendaftaran
ruang tunggu

Saya beruntung karena saat saya berkunjung, klinik tidak ramai, biasanya yah ini klinik selalu ramai sepanjang hari! Mungkin karena saya berkunjung hari minggu dan tidak terlalu banyak dokter yang praktek, sehingga mempengaruhi jumlah kunjungan pasien yang berobat juga yah.

Ruangan perawatan gigi & mulut
Area sterilisasi alat
Mbak drg. Kiki in action

Awalnya saya sudah under estimate aja sih mengenai area perawatan gigi & mulut, tapi saat saya masuk ke ruangan, cukup baik, lengkap dan bersih, saya pun mulai di “bantai” sama mbak Kiki! Dulu saya paling takut ke dokter gigi, eh sekarang bakal punya kakak yang profesinya dokter gigi, pas saya buka mulut, doi langsung memberi petuah “Ini gigi sana di tambel, ini juga tambel, terus itu yang 2 di bawah nanti di cabut aja yah” nahloh, bayanginnya aja udah linu mbak! kasihanilah saya mbak ~ wehehehe

Oke, back to topic!

Setelah saya melakukan perawatan dan beres semua, mbak Kiki sebagai praktisi kesehatan pun menjelaskan singkat mengenai penggunaan kartu BPJS untuk layanan kesehatan. Doi bilang, kalau ingin menggunakan BPJS, ada baiknya di cek terlebih dahulu di faskes kalian, apa saja yang bisa di cover oleh BPJS, untuk kasus cabut gigi, tambel standart, hampir semua faskes bisa melayani secara cuma-cuma jika pasien menggunakan BPJS, tapi untuk layanan scalling ya ndak semua faskes bisa memberikan pasien BPJS secara gratis, harus di cek sebelumnya ke faskes masing-masing.

Kalau kamu ingin menggunakan BPJS, kamu harus datang terlebih dahulu ke faskes yang tertera pada kartu, jika penyakitmu tidak bisa ditangani oleh faskes, maka kamu akan menerima surat rujukan untuk ke RS terdekat agar kamu bisa menikmati layanan BPJS di tempat yang lebih baik lagi, namun kamu harus bersabar yah karena pasien BPJS itu biasanya cukup banyak, jadi kamu harus sabar antre.

Nah, dari pengalaman pertama saya menggunakan BPJS, saya sih puas karena kebetulan lagi gak antre, dekat dari rumah dan pulang dengan bahagia karena gak bayar sepeser pun untuk menikmati scalling, udah gitu mbak dokternya kakak sendiri, jadi kalau saya kesakitan bisa saya cubit aja :p #becanda

Oke, sekian dulu sharing pengalaman saya yah, semoga kamu bisa segera punya BPJS dan bisa menikmatinya dengan hati yang gembira πŸ˜€ Sharing juga dong, untuk kamu yang pernah pakai BPJS, kamu pakai untuk menikmati layanan kesehatan apa aja? tulis di komentar yah πŸ˜€

You may also like

14 Comments

  1. Wihh enak banget sist scalling pake BPJS, tahun lalu aku cuma cabut sisa gigi susu aja, kalo scalling harus bayar xixixi beda2 ya tiap faskes tapi btw BPJS itu ga gratis loh kita bayar tiap bulan, cuma ya berdoa aja kita sehat terus siapa tau dana yang gak dipake itu bener2 amanah buat orang sakit yang ga mampu, tfs sist

    1. Aamiin πŸ™‚
      iya, beda faskes ya beda aturan! bersyukur, di faskes saya, untuk gigi tidak perlu bayar lagi kecuali yang sifatnya non kesehatan πŸ˜€

    2. gak bayar lagi kl scalling di faskes saya, iya smoga yah layanan kesehatan di Indonesia bisa lebih baik lagi πŸ˜€

  2. Aku jg baru tau kalo pake bpjs itu gampiiiil :p. Selama ini aku pake asuransi kntorku mba. Nah, tp waktu itu limit vaksin anakku abiiisss.. Jdlah aku iseng mau tes pake bpjs, krn katanya vaksin yg wajib kan gratis.. Iihh beneeer… Vaksinnya gratis tis tis.. Pdhl kalo di rs itu total vaksin 500rb. Ya ampuuunn aku happyyy :D. 500 rb bisa dihemat..

    1. kalau scalling gak semua faskes bisa kak, terus kalau behel, bpjs tidak melayani. Saya copot behel kemudian scalling, yang pakai bpjs hanya scallingnya saja, copot behelnya gratis karena kakak ipar saya yang menangani, kebetulan dia praktek di faskes saya πŸ˜€

  3. Mbak itu kliniknya sasta ya? Berarti kalau di puskesmas mestinya bisa kan ya?
    Aku jg blm lepas behel, sementara dulu dokterku di Sby, skrng aku di Depok, bingung mau lanjutin peraatan dmn hehe

  4. Wah saya malah sebaliknya… Padahal kami jg peserta bpjd…. Pengalaman paling tdk enak bgt.. Krn harus bayar lebih mahal.. Krn adanya tarif ina cbg.. Per 1 feb… Hbs biaya rmh skt sebenarnya cuma 4jt an sementara total itu sih termasuk semua biaya kami tanggung sendiri, Tp krn ada tarif ina cbg.. Malah dikenakan lg tarif lebih 75 persen dr ini cbg besar lg… Akhirnya hrs bayar 5 jt lebih dan tanpa potongan bpjs sm sekali… Sdh berupaya complain ke rmh skt.. N bpjs jg jawabannya sampe skrg msh nunggu konfirmasi.. Gmn ya hak kami sbg peserta bpjs malah ulang sm sekali sementara kita sdh bayar kewajiban premi setiap bulan…

    1. apa sudah datang langsung ke kantor bpjs?
      terkadang, beda wilayah, beda kasus penyakit, memang beda tagihan ina inu nya sih
      sepertinya memang harus di jabarin jelas-jelas yah, mana aja yang bisa di cover bpjs, mana yang tidak bisa
      aku juga suka bingung.
      semoga kita smua sehat terus yah kak πŸ™‚

  5. Mbak, itu klinik gigi di mana? Bagus bgt ya untuk BPJS hehehe saya blm pernah pake faskesnya tuh ngeri sm antriannya yg kayak ular naga. Tapi setelah baca cerita mbak…boleh juga kpn2 saya coba kartu BPJS nya. Tq ya… πŸ˜ƒ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *