Beauty Review : Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Hallo semua! Pernah denger produk pembersih wajah bernama Cetaphil? itu loohh, yang brand ambasadornya Andien ibunya Kawa! hehehehe tenang, saya memang ngefans sama Andien dan Kawa, tapi saya memutuskan untuk menggunakan dan mereview produk Cetaphil ini bukan karena Andien, tapi karena saya disarankan oleh dokter kulit saat saya melakukan perawatan wajah.

Ya, tepat di tahun 2016 lalu, saya melakukan perawatan wajah karena saya memiliki jerawat yang super mengganggu, kemudian dokter pun menyarankan agar saya menggunakan sabun pembersih berupa sabun bayi, Sebamed atau Cetaphil yang mungkin menurut bu dokter cukup gentle dalam membersihkan wajah. Akhirnya saya pun memilih Sebamed karena yang ada di apotek hanya itu, tapi diawal 2017 saat produk Sebamed habis, saya pun mencoba Cetaphil, karena cukup menarik hati, saya tidak memilih untuk menggunakan sabun bayi karena memberikan efek seperti ketarik diwajah saya, padahal sabun bayi sangat lembut yah kalau digunakan pada tubuh.

Review Sebamed, Baca disini Sebamed

Review Perawatan Jerawat Parah disini Jerawat

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Saya yang kepo kenapa sampai dokter kulit merekomendasikan Cetaphil untuk digunakan sehari-hari, akhirnya saya pun mencarinya di apotek besar seperti Guardian dan Century, akhirnya saya menemukan produk ini di Guardian, kebetulan lagi ada diskon, tapi saya lupa waktu itu membelinya dengan harga berapa. Saat saya mau pilih, ternyata untuk produk Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini punya beberapa kemasan, dari yang travel size, sedang dan besar. Akhirnya saya memilih untuk membeli yang ukuran 500ml, menurut saya memang cukup besar sih dan agak ribet kalau harus saya bawa bepergian, tapi saya berfikir kalau saya juga bukan tipe bolang yah jadi mau kemana juga? kalaupun harus pergi ya mungkin produk akan saya simpan kedalam botol plastik berukuran kecil! hehehe soalnya harga antara kemasan kecil dan yang 500ml pun nggak jauh beda, jadi saya ambil yang ini aja, lebih hemat.

Kemasan Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Kemasan Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini terbuat dari plastik yang kokoh, tebal dan tidak tembus pandang, memiliki pump berwarna biru yang bisa di putar, jadi kalaupun kamu mau bawa kemasan ini saat bepergian, produk tidak akan tumpah, pump nya pun enak dan nggak ringkih. Pada kemasan depan tertulis jelas “Face & Body, For All Skin Types” dimana ini keren banget, karena bisa digunakan untuk wajah dan juga tubuh. Tapi, saat saya beli ya saya berfikir mungkin saya nggak akan menggunakannya untuk tubuh, karena sayang aja gitu, buat tubuh mah bisa cari yang lebih murah! hahaha maap irit~

Kemasan belakang

 

Pada kemasan belakangnya ada penjelasan mengenai produk dan cara menggunakannya dalam bahasa Indonesia, Direction dan Ingredients dalam bahasa Inggris. Menurut saya ini sudah cukup jelas yah, walaupun saat itu saya hanya baca sepintas sebelum membelinya.

Ingredients Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Purified water, Cetyl Alcohol, Propylene Glycol, Sodium Lauryl Sulfate, Stearyl Alcohol, Methyl Hydroxybenzoate, Propyl Hydroxybenzoate, Butyl Hydroxybenzoate.

Itu adalah ingredients yang ada pada kemasan belakang produk ini, saya sih nggak ngerti mengenai kandungan kimia yah, yang saya tau ini memang bagus karena banyak direkomendasikan oleh dokter kulit dan beauty blogger lainnya, tidak mengandung paraben juga yah kalau kita lihat pada ingredients diatas, jadi ya saya yang awam ini pun menganggap produk ini aman, apalagi selama saya hamil juga saya menggunakan produk ini bergantian dengan produk cleanser lainnya.

Tekstur Cetaphil Gentle Skin Cleanser 

Tekstur

 

Saat saya coba gunakan, saya agak kaget sih karena Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini punya teksturyang kental dan berwarna putih, saya kira teksturnya akan cair seperti clean and clear atau agak padat seperti tekstur ponds. Saat produk ini saya keluarkan 1pump pada tangan, saya pun mencium produk ini sama sekali tidak ada wanginya dan saat saya tuangkan air dan gosok dengan kedua tangan, produk ini tidak mengeluarkan sabun berlebih, saya kurang paham sih apakah ada kandungan sabun atau tidak yang jelas tidak mengeluarkan busa, hanya guratan putih aja. Yasudah saya coba oleskan pada wajah dan yaaaa enak jugaaa, rasanya lembut, saat dibilas dengan air pun nggak butuh banyak air dan hasilnya pada wajah jadi plum kenyal gitu, memang agak licin sih saat bilas menggunakan air, tapi setelah saya lap menggunakan tissue kering, saya jadi suka! karena bikin wajah jadi kenyal dan kerasa bersih, lembab tanpa meninggalkan efek ketarik.

Cara Menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Sesuai yang ada pada kemasan belakang, produk ini bisa digunakan dengan 2 cara! Bisa menggunakan air dan tanpa air! Ini yang bikin saya agak kaget juga sih, ternyata bisa digunakan tanpa air, jadi setelah diusapkan pada wajah ya tinggal kamu bersihkan pakai kapas aja.

Dengan Air : Ambil 1-2 pump, usapkan pada wajah yang kering atau basah, pijat halus dan bilas dengan air.

Tanpa Air : Ambil 1-2 pump, usapkan pada wajah yang kering, pijat halus, bersihkan dengan kapas kering.

Penjelasan lain yang ada pada belakang kemasan : 

Pembersih lembut yang diformulasikan untuk semua jenis kulit, ideal untuk kulit sensitif.

  • Lembut untuk kulit bayi
  • Non-Comedogenic (tidak menutup pori-pori)
  • pH Seimbang
  • Dapat digunakan dengan dan tanpa air
  • Ideal untuk wajah dan seluruh tubuh
  • Membersihkan makeup ringan
  • Membantu mempertahankan kelembaban kulit
  • Tidak pedih dimata
  • Tidak mengandung pewangi
  • Membuat kulit terasa halus, lembut dan sehat

Menurut saya, klaim yang Cetaphil tulis pada kemasan sesuai dengan apa yang saya rasakan. Ada 2 pengalaman yang saya dapatkan dalam menggunakan produk ini ke wajah sepupu saya dan kulit punggung suami yang mengalami beruntusan merah gitu.

Case pemberian produk ke wajah spupu (2 tahun) : Saat itu, wajah spupu saya yang masih balita mengalami beruntusan merah dan suka dia garuk, mungkin karena gatal yah.. Akhirnya saya oleskan wajahnya menggunakan produk ini dan saya bilas hanya menggunakan kapas kering, sekitar 3x sehari saya oleskan pada wajahnya, alhamdulillah besok pagi si merah-merah tersebut kering dan tidak gatal lagi.

Case pemberian produk ke punggung beruntusan : Entah karena apa, punggung suami saya tiba-tiba penuh dengan beruntusan, akhirnya saat mandi saya berikan produk ini khusus untuk punggungnya, saya gosok lembut kemudian bilas dengan air, ya seperti menggunakan sabun mandi biasa gitu, alhamdulillah dalam waktu satu minggu beruntusannya pun hilang dan sudah nggak merah lagi.

Waktu awal memutuskan membeli produk ini pun karena setelah membaca keterangan dan bisa digunakan untuk kulit bayi, saya yang saat itu akan menikah, berfikir bahwa produk ini nantinya bisa saya gunakan untuk seluruh keluarga, bukan hanya untuk saya aja, makanya saya beli walaupun lebih mahal dari sebamed yang pernah saya beli.

Tapi, setelah saya gunakan dari Januari hingga bulan ini, produk ini belum habis-habis loooohhh!!! Saya beli bulan Januari 2017 dan saat ini Januari 2018 produk belum habis! iya sihhh, emang saya juga menggunakannya bergantian dengan cleanser lainnya, kalaupun saya gunakan juga hanya 1-2 pump sudah cukup untuk satu wajah. Intinya, walaupun dipasaran harga Cetaphil Gentle Skin Cleanser kemasan 500ml diatas Rp.200.000,- tapi menurut saya harga ini worth it untuk segudang manfaat dan iritnya! Mungkin kalau saya gunakan produk ini setiap hari tanpa jeda, akan habis dalam waktu 3-5 bulan, itu termasuk irit sih! Apalagi buat kamu yang nggak mau ribet beli cleanser buat suami atau satu keluarga, ya produk ini masih masuk kategori ekonomis.

Kesimpulan Menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Untuk produk ini, saya suka karena klaim sesuai, produknya bagus, bisa untuk kulit yang sedang bermasalah, aman untuk anak kecil, ibu hamil dan menyusui dan penggunaannya pun cukup ekonomis. Kalau ditanya apakah setelah produk ini habis akan beli lagi? jawaban saya YES! Mungkin saya akan beli yang ukuran 500ml lagi.

Nah, sekian review dari saya kali ini, semoga bermanfaat yah untuk kalian. Sampai jumpa di review selanjutnya yah 🙂

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *